About

Pages

Indostar Tv

Friday 15 February 2013

Iman Bertambah Dan Berkurang

Kepercayaan dalam hati yang kita sebut iman itu bisa bertambah dan bisa juga berkurang sehingga sering-sering timbul keragu-raguan sedangkan kebenaran tak perlu diragukan lagi.


Untuk mencapai kebenaran manusia harus pula mempergunakan pikiran. Tetapi andai kata pikiran manusia tidak dapat mencapai kebenaran, tidak berarti bahwa kebenaran itu tidak ada, tetapi sebenarnya hanya belum ada titik pertemuan antara akal dan kebenaran itu sendiri. Tegasnya untuk memiliki iman yang sempurna manusia harus pula mempergunakan pikirannya. Jadi pikiran harus digunakan untuk mencari kebenaran itu. Misalnya dengan jalan memikir-mikir keadaan dunia dengan segala isinya, yang akhirnya lambat laun kepercayaan tentang adanya dzat pencipta alam semesta ialah Allah akan tertanam dalam kalbunya sedikit demi sedikit, disamping itu perlu mempelajari ilmu Tauhid secara mendalam.

Sebab iman itu bisa bertambah, bisa berkurang, kadang-kadang bisa juga hilang kabur bila kurang pandai memeliharanya dan memupuknya. disebutkan dalam suatu ayat yang artinya:

"Sesungguhnya di dalam terjadinya langit dan bumi serta pergantian malam dan siang sungguh menjadi tanda bukti kebesaran Tuhan bagi orang-orang yang berpikir". (QS. Ali Imran: 190)

0 comments: