About

Pages

Indostar Tv

Saturday 26 January 2013

Wah, Surat Suara Pilgub Punya 5 Lapis Pengamanan

Surat Suara Untuk Pemilihan Gubernur Jabar @ Inilah
Al-Amin - Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat telah selesai mendesain surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar. Walaupun terlihat biasa, kertas berukuran 42 x 24 cm itu telah dilengkapi 5 pengamanan yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang.

Menurut Sekretaris KPU Jabar Heri Suherman, 5 pengaman pada kertas suara tersebut menjadi pembeda kalau ada pihak yang memalsukannya. Dipastikan, surat suara sekarang jauh lebih aman dibandingkan surat suara pada Pilgub Jabar 2008 lalu.

"Pada Pilgub 2008, surat suara itu hanya punya satu pengamanan. Sekarang sangat beruntung karena dengan harga relatif murah sebesar Rp515 per lembar, surat suaranya punya pengamanan lebih banyak," kata Heri saat ditemui di Sekretariat KPU Jabar Jalan Garut Kota Bandung, Sabtu (26/1/2013).

Dia menuturkan, pengamanan tersebut berlapis dan yang paling bisa dideteksi adalah mikro teks bertuliskan Pilgub Jabar 2013. Meski teks itu berukuran sangat kecil yang ditempatkan secara rahasia oleh KPU Jawa Barat.

"Kedua ada invisible inc yang bisa menyala kalau surat suara disorot sinar ultra violet. Lalu ada Rosset Colour dengan cara kerja seperti invisible inc, tetapi cahaya yang muncul akan warna-warni saat disorot sinar ultraviolet," paparnya.

Heri menyatakan, surat suara memakai aura LWM bergambar Gedung Sate. Uniknya, gambar tersebut berisikan kode yang hanya bisa dilihat kalau menggunakan kaca pembesar.

"Pengaman terakhir, kertas surat suara menggunakan jenis kertas uviduall yang jika disinari ultraviolet akan muncul cahaya memantul. Jadi surat suara sekarang full sekuriti," tegasnya.

Seperti diketahui, surat suara akan dicetak tiga perusahaan yakni PT Balai Pustaka, Induk Koperasi Kepolisian Negara RI, dan PT Pura Barutama. Ketiganya sudah menyatakan optimis bisa mendistribusikan seluruh kertas surat suara ke 26 kabupaten/kota se-Jabar sebelum 10 Februari 2013. (Bhr)

0 comments: