About

Pages

Indostar Tv

Saturday 26 January 2013

KPU Yakin Surat Suara Pilgub Selesai Tepat Waktu

Ilustrasi
Al-Amin - Bandung - KPU Jabar optismistis pencetakan surat suara Pilgub Jabar bisa rampung sesuai jadwal ditentukan, yakni pada 6 Februari 2013 atau 10 hari setelah naik cetak.
Menurut Sekretaris KPU Jabar Heri Suherman, sampul kertas suara untuk Pemilukada Jabar 2013 akan mulai dicetak Minggu (27/1/2013). "Tanggal 27 ini sudah bisa naik cetak. Paling lambat maksimal 28 Januari sudah mulai dicetak," kata Heri.di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Jumat (25/1/2013).
Saat ini, lanjut dia, perusahaan yang ditunjuk langsung KPU masih mendesain kertas suara. Tujuannya, agar tidak ada perbedaan mencolok antara yang dicetak perusahaan satu, dengan perusahaan lainnya.


"Tanggal 26 Januari kami akan edarkan kertas suara itu kepada kandidat dan tim kampanye untuk dikoreksi," jelas Heri.
Dia menjelaskan, undangan tersebut akan berlangsung pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Nantinya, para tim pemenangan akan diminta membubuhkan tanda tangan sebagai bukti persetujuan desain surat suara.
"Kalau dalam spare waktu itu mereka tidak hadir, maka dianggap menyetujui," katanya.

Menurutnya, KPU Jabar terpaksa bersikap tegas kepada tim pemenangan agar desin surat suara bisa segera diputuskan. Pasalnya, waktu yang tersisa untuk produksi dan distribusi surat suara semakin mepet.
"Kami sudah tidak punya waktu lagi untuk mengadakan undangan serupa," tandasnya.
Jika tidak ada koreksi dari kandidat atau tim kampanye, proses cetak bisa langsung dilakukan pada 27 Januari. Heri mengatakan, perusahaan tersebut akan menyanggupi pengadaan kertas suara maksimal dalam kurun 10 hari.
"Kalau terlambat, di kontrak ada hitung-hitungannya perusahaan akan didenda," ucap Heri.

Heri optimistis kertas suara akan selesai tepat waktu. Maksimal pada 10 Februari, kertas suara sudah bisa didistribusikan ke kabupaten/kota se-Jabar. (Bhr)

0 comments: