About

Pages

Indostar Tv

Thursday, 3 January 2013

APAKAH NABI ISA AS TELAH WAFAT..??

PERTANYAAN

Apakah benar Nabi Isa AS telah wafat dengan jasadnya di kubur seperti Nabi-nabi yang lainnya?

JAWABAN

Dari Jaman Nabi Muhammad SAW sampai waktu ini, orang-orang islam berkata dan beri'tiqad bahwa Nabi Isa AS hidup di langit dan akan turun. Menurut Al-Qur'an, Al-Hadits dan Tarikh, kita telah sama-sama mengakui bahwa Nabiyallah Isa AS itu dulunya ada hidup. Sebenarnya, dengan asal ini saja sudah cukup buat dalil kita atas hidupnya Nabiyallah Isa AS. Kalau sekarang kita cari di seluruh dunia bahwa Nabiyallah Isa AS tidak ada, itu tidak boleh dijadikan alasan untuk mengatakan beliau sudah wafat.

untuk menetapkan aqidah, wajib dengan keterangan dan bukan dengan perasaan. Perhatikanlah firman Allah SWT dalam Surat An-Nisa ayat 157 sebagai berikut:

"Mereka (kaum Yahudi) itu tak dapat membunuh dia (Isa AS) dan tak dapat mensalib dia, akan tetapi disamarkan atas mereka (yakni mereka hendak membunuh Isa, tetapi terbunuh seorang lain yang serupa Nabi Isa AS); dan sesungguhnya orang-orang yang berselisih faham ditentang itu, adalah di dalam keraguan. Mereka tidak berpengetahuan tentang itu, kecuali dengan turut sangka-sangkaan saja. Mereka tidak membunuhnya dengan yakin, tetapi Allah telah angkat dia kepada-Nya; dan adalah Allah itu Maha Gagah dan Bijaksana. Kata-kata "rafa'a" atau mengangkat pada ayat tersebut dengan memperhatikan lanjutannya adalah berarti angkatan badan, bukan angkatan ruh atau darojah, karena Nabi Isa AS ketika itu mau dibunuh dan disalib oleh musuhnya, sepantasnya beliau dilakukan dari sana dengan diangkat dari tempat yang musuhnya tidak bisa sampai dan tidak tepat kalau diberikan kehormatan".

Selanjutnya firman Allah SWT dalam Surat Ali Imran ayat 55.

"Mereka (kaum Yahudi) berdaya upaya hendak membunuh Isa dan Allah balas tipu daya mereka; dan Allah itu sebaik-baik pembalas. Ingatlah tatkala Allah bertanya: Ya Isa, aku ambil engkau dan aku angkat engkau kepadaku dan aku bersihkan dikau dari pada gangguan orang-orang kafir itu".

Ayat ini dengan terang menunjukkan, bahwa kaum Yahudi, berdaya upaya hendak membunuh Nabi Isa AS. Maka apakah kiranya tepat, kalau diartikan: bahwa Allah SWT akan menyelamatkan Nabi Isa dari pada terkena bunuh oleh musuhnya, dengan mematikannya. Sudah barang tentu tidak!

Adapun hadits yang berkenaan dengan ini, adalah sebagaimana diriwayatkan dari Hasyim bin Hasan dari Muhammad dari Abi Hurairah RA. Bersabdalah Rasulullah SAW.

"Bagaimanakah nanti keadaan kamu apabila turun Nabi Isa anak Maryam dari langit kepadamu sedang imam kamu dari antara kamu sendiri". (HR. Al-Baihaqi)

Hadits ini dengan terang menyebut, bahwa Nabiyallah Isa AS akan turun dari langit dengan mempergunakan kata-kata minassama'. Adapula diriwayatkan dari Abi Hurairah RA, dimana bersabda Rasulullah SAW:

"Demi Tuhan dengan diriku yang berada pada kekuasaan-Nya, sesungguhnya hampir turun (Isa) anak Maryam diantara kamu sebagai hakim yang adil, lalu ia yang akan hancurkan salib". (HR. Bukhari)

kami kira jelas, yang akan turun dari langit itu tentu bukan mayyit, tetapi orang yang hidup betul-betul. Kami tambah pula bahwa surat An-Nisa ayat 157, sebagai berikut:

"Tidak seorangpun dari ahli kitab kecuali tentu akan beriman kepadanya sebelum matinya".

"Sebelum matinya Isa anak Maryam"

"Yang demikian itu adalah seketika turunnya Isa. Tidaklah ketinggalan seorangpun dari pada ahli kitab melainkan akan beriman kepada Isa. Kata Al-Hasan (mengenai tafsir ayat tersebut)".

"Sebelum matinya Isa. Demi Allah, sebenarnya Isa itu masih hidup sampai sekarang di sisi Allah, tetapi apabila ia turun mereka sekalian akan beriman kepadanya".

Berkata Al-Hasan pula:

"Sesungguhnya Allah telah angkat Isa dan Ia (Allah) akan kirim dia sebelum hari Qiyamat".

Demikianlah jawaban dari kami tentang masih hidupnya Nabi Isa AS, semoga bermanfaat.

0 comments: