About

Pages

Indostar Tv

Wednesday 20 February 2013

Pokok Pokok Kepercayaan

Adapun macam-macam kepercayaan dalam Islam yang pokok itu ada enam:
1. Iman kepada Allah
2. Iman kepada Malaikat Allah
3. Iman kepada Rasul Allah
4. Iman kepada Kitab Allah
5. Iman kepada Hari Akhir
6. Iman kepada Takdir Allah



Enam pokok kepercayaan tersebut akan diterangkan satu persatu. Kita ketahui bahwa pokok kepercayaan dalam Islam itu ada enam berdasarkan sabda Nabi yang artinya:

"Yang disebut iman ialah bahwasannya kamu percaya kepada Allah, Malaikat-Nya, Kitab-Nya, Rasul-Nya, dan hari akhir dan kamu percaya kepada kadar Allah yang baik maupun yang buruk". (HR. Muslim)

Enam pokok kepercayaan itu menjadi dasar dalam kehidupan seorang muslim, yang sangat fondamental (sangat pokok sekali). Untuk mengetahui enam pokok kepercayaan itu kita membutuhkan alasan yang dapat membuktikan kebenaran dari pada kepercayaan itu. Dalil yang kita pakai disini ialah: "Dalil Naqli" (dalil yang dikutip dari Al Qur'an dan Hadits Nabi) dan "Dalil Aqli" (dalil berdasarkan akal pikiran yang sehat) yang sesuai dengan taraf berpikirnya para yang hendak menerimanya.

Karena dengan mempergunakan akal pikiran, maka kepercayaan (iman) yang tumbuh dalam hati itu bisa terpupuk dan subur. Itulah sebabnya kita mempergunakan juga Dalil Aqli.


0 comments: