About

Pages

Indostar Tv

Thursday 3 January 2013

KAPAN QIYAMAT DATANG...??



PERTANYAAN

Kapankah hari Qiyamat itu?
Apakah sebabnya Allah Ta'ala jadikan dunia ini?

JAWABAN

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Sayyidina Umar Ibnul Khattab RA yang ditakhrijkan oleh Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah dan An-Nasai, dalam qishah yang panjang, dimana bertanya Jibril kepada Rasulullah SAW, dengan katanya:

"Maka beritakanlah kepadaku tentang terjadi hari Qiyamat?" 

Maka beliau pun menjawab:

"Tidaklah orang yang ditanya tentang Qiyamat itu, lebih mengetahui dari pada yang bertanya".

Diriwayatkan pula dari kitab Dalilul Falihin, Syarah Riyadlus Shalihin Juz 1 Halaman 222, sebagai berikut:

"Pernah terjadi soal jawab ini antara Nabi Isa bin Maryam dan Jibril. Tetapi Nabi Isa AS selaku penanya, dan Jibril yang ditanya. Telah mengeluarkan oleh Al-Humaidy di dalam ifradnya dari su'by, berkata ia: Pernah bertanya Isa bin Maryam kepada Jibril tentang Qiyamat. Maka tidaklah yang ditanya tentang Qiyamat itu, lebih tahu dari yang bertanya. Telah menyebutkannya Assuyuthy di dalam Attausyih".

Melihat keterangan di atas, maka nyatalah bagi kita bahwa hari Qiyamat kapan akan terjadinya, itu termasuk yang tidak diketahui oleh para Anbiya'. Maka hal itu menyimpulkan, bahwa hari Qiyamat terjadinya kapan, termasuk dalam hal-hal yang dirahasiakan Allah SWT. Jadi cukup bagi kita ber'itiqad bahwa hari Qiyamat itu pasti akan terjadi pada suatu ketika, dengan segala huru-haranya yang hebat dan menggetarkan sebagaimana disebutkan dalam kitab suci Al-Qur'an dan hadits-hadits. Maka yang penting bagi kita, bukannya tahu kapan terjadinya Qiyamat itu, tetapi berkeyakinan bahwa hari Qiyamat akan terjadi dan bersiap-siap dengan segala amal shaleh dan kecintaan yang penuh kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, dalam menghadapi hari Qiyamat yang dirahasiakan waktunya itu. Sebab pernah terjadi, bahwa Rasulullah SAW, seketika ditanya orang tentang kapan terjadinya hari Qiyamat, beliau alihkan pertanyaan itu, kepada pertanyaan yang lebih penting, yaitu apa persediaan kita untuk menghadapi hari penting itu.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkannya:

"Bahwa seorang A'raby (Badwi) bertanya kepada Rasulullah SAW dengan pertanyaan: Kapan terjadinya Qiyamat? Maka menjawablah beliau: Apa yang telah engkau sediakan untuk Qiyamat? Jawabnya pula: Cinta kepada Allah dan Rasul-Nya sabda beliau: Engkau akan bersama orang yang engkau cintai". (HR. Bukhari dan Muslim). 

Dalam hadits ini tersimpul suatu: Uslubul Hakim, dimana terdapat kelincahan sastra Rasulullah SAW dalam mengalihkan pertanyaan yang tidak penting, kepada yang lebih penting.

Ketahuilah bahwa di dalam merahasiakan kapan terjadinya hari Qiyamat itu mengandung suatu rahasia.

Sebagai penutup jawaban ini, marilah kita sama-sama ikuti firman Allah SWT dalam Surat Al-A'raf ayat 187, sebagai berikut:

"Mereka itu bertanya kepadamu, kapankah datangnya Qiyamat? Katakanlah: Sesungguhnya pengetahuan tentang Qiyamat itu ada pada sisi Tuhanku. Tidak ada seorang pun yang dapat memberi penjelasan tentang kapan datangnya Qiyamat itu, melainkan Dia Allah sendiri. Berat sekali hal ini bagi penghuni langit dan bumi. Tidaklah Qiyamat itu datang, melainkan dengan sekonyong-konyong saja. Mereka ada tanyakan hal ini kepada engkau, seolah-olah engkaulah seorang yang paling pandai menjawabnya. Katakanlah: Sesungguhnya pengetahuan itu ada pada sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya".

Demikianlah jawaban dari kami tentang masalah hari Qiyamat semoga anda dapat memahaminya.

Adapun mengenai apa sebabnya Allah SWT menjadikan dunia ini, baiklah kita perhatikan saja firman Allah SWT dalam Surat Huud ayat 7 sebagai berikut:

"Dan Dia lah Allah yang telah menjadikan langit dan bumi dalam enam hari sedang 'Arasynya di atas air adalah untuk mencoba kamu. Siapa diantara kamu yang paling baik pekerjaannya". (QS. Huud. 7)

Marilah kita meng up grade amal shalih kita untuk mendapat penilaian baik dari Allah SWT sebagai hamba-hambanya yang ta'at dan berbakti kepada-Nya. Dengan mengikuti pimpinan Rasulullah SAW. Dengan demikian kita berarti telah lulus ujian ini.





0 comments: