About

Pages

Indostar Tv

Thursday 31 January 2013

Dampak Negatif Facebook Bagi Anak – Anak


Kehadiran fenomena jejaring sosial begitu menarik perhatian banyak orang khususnya kaum remaja. Berawal dari Friendster yang populer pertama kali, kemudian berganti dengan Facebook yang lebih menarik dan menjadi tren saat ini.


Berbagai fitur dari Facebook telah banyak membantu untuk menemukan teman lama, menambah teman baru, memasarkan produk atau sarana komunikasi. Namun, banyak dampak negatif akibat situs ini terutama bagi anak-anak di bawah umur. Beberapa kasus kejahatan terjadi karena Facebook seperti gangguan psikologi, penculikan, kabur dari rumah, bahkan hingga kekerasan atau pemerkosaan. Orang tua mempunyai peranan penting untuk mencegah dampak negatif Facebook. Update status, unggah foto terbaru, chat atau melihat timeline memang mengasyikkan, namun hal ini membuat pengguna Facebook lupa waktu. 


Bagi orang tua harus tetapkan peraturan berapa lama mereka boleh mengakses Internet sehingga tidak kehabisan waktu untuk istirahat, belajar atau melakukan kegiatan lainnya. Mencantumkan biodata lengkap, nomor telepon atau alamat rumah dapat memancing orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini karena bila tidak diatur secara khusus, semua orang dapat membaca informasi ini. Dan jika informasi ini digunakan oleh orang yang berniat jahat, maka hal itu dengan mudah dapat dilakukan. 

Lindungi privasi Anda meski merasa yakin bahwa situs tersebut telah benar-benar aman. Bagikan informasi Anda hanya kepada orang yang benar-benar Anda kenal. Abaikan ajakan pertemanan jika Anda curiga terhadap keanggotaan orang tersebut di Facebook. Bahkan jika Anda sudah mendapat ancaman atau tindakan kurang menyenangkan dari orang lain di Facebook, Anda bisa melaporkan orang tersebut kepada pengelola Facebook. 

Banyaknya konten dewasa yang mudah diakses di Internet atau Facebook, orang tua harus berperan aktif dalam hal ini mengarahkan mana yang baik dan mana yang buruk dalam dunia maya. Bagaimana sebagai orang tua bisa menjaga dan melindungi anak-anak dari pengaruh buruk Facebook? Anda dapat mencoba untuk melakukan hal-hal berikut untuk dapat tetap mengontrol kegiatan Internet anak Anda baik melalui PC atau laptop serta melalui HP. 

Berupaya belajar tentang Internet Banyak orang tua belum mengerti tentang teknologi Internet bahkan terkadang anak lebih mengerti dari pada orang tua. Anda harus mengerti tentang Internet. Belajarlah tentang bagaimana menggunakan email, chating atau memiliki akun Facebook. Dengan mengetahuinya, Anda juga dapat mengajari anak Anda tentang hal ini. Bahkan Anda bisa menjadi teman Facebook anak Anda, sehingga bisa sekaligus memantau setiap update yang dilakukan anak Anda di Facebook. 

Beritahukan tentang bahaya yang mengintai dalam penggunaan Internet Ingatkan anak Anda bahwa walau menarik, mereka harus mewaspadai bahaya Internet. Salah satu caranya adalah dengan mengingatkan agar mereka tidak memberitahukan data pribadi secara lengkap kepada orang yang baru dikenal dan jangan mencantumkannya dalam profil pribadi. Wajar di dunia maya Beritahukan anak Anda agar tidak menerima semua orang yang ingin menjadi teman dalam situs jejaring sosial seperti Facebook. 

Tidaklah penting untuk memiliki teman yang banyak di dunia maya. Karena jika ada orang asing diterima sebagai teman, orang asing ini dapat lebih mudah mengakses profil dan berbagai informasi anak Anda. Jangan pula telalu akrab dengan teman di Internet atau bahkan menjalin hubungan yang serius hanya karena tertarik pada wajahnya, keahliannya atau hal lain yang belum tentu benar.

Memiliki teman di dunia nyata jauh lebih terjamin dibanding berteman dengan orang yang bisa jadi menyembunyikan identitas aslinya di dunia maya. Jangan biarkan anak Anda mengakses Internet tanpa pantauan secara langsung Meletakkan komputer dengan akses Internet pada kamar merupakan kesalahan besar yang mungkin dilakukan orang tua. Anak yang belum mengerti sepenuhnya tentang bahaya Internet, dapat secara diam-diam mengakses Internet tanpa sepengetahuan Anda. Di kamar tidur, anak dapat secara bebas mengakses Internet tanpa diketahui. 

Untuk mengurangi akibat hal ini, sebaiknya komputer diletakkan pada tempat yang banyak orang misalnya di ruang keluarga. Facebook sebagai situs web jejaring sosial memang bisa bermanfaat untuk semua penggunanya. Jika digunakan dengan tepat, Anda bisa menikmati banyak pertemanan yang positif dan bermanfaat.

0 comments: